Rabu, 04 Mei 2011

Tips Menjaga diri

hidup jauh dari keluarga dan orang-orang tercinta bukanlah hal yang mudah, terutama untuk seorang anak perempuan yang perasaannya lebih lembut dan tidak tahan banting dengan keadaan yang ada.
tapi terkadang, ada banyak hal yang membuat kita sebagai seorang anak harus hidup jauh dari orang tua dan keluarga, dan salah satu alasannya adalah pendidikan. seperti yang saya alami, sejak SMA hingga kuliah saat ini yang kira-kira sudah sekitar 6 tahun harus sudah jauh dari dari rumah karena harus menyelesaikan pendidikan yang menurut orang tua merupakan pilihan terbaik.
dan bagi seorang anak, memulai hidup mandiri pada usia muda bukanlah perkara mudah apalagi di zaman seperti ini yang apabila tidak benar-benar dapat menjaga diri, maka kita sudah tidak bisa lagi membedakan mana yang baik dan mana yang benar dan pada akhirnya akan berakhir pada "salah pergaulan".
dan bagi kebanyakan orang tua yang cukup demokratis yang salah satunya adalah orang tua saya, akan tidak adil rasanya mengontrol setiap saat pergerakan dan pergaulan anaknya karena mereka berpegang teguh pada satu keyakinan yaitu "kepercayaan".
dan bagi seorang anak, mendapatkan kebebasan dan kepercayaan seperti itu serta berusaha untuk tetap menjaganya bukanlah perkara yang mudah, apalagi pergaulan saat ini sangatlah menggiurkan untuk selalu diikuti dan dinikmati oleh remaja.
jadi bagaimana agar tetap berada pada jalur koridor seorang anak yang menjaga kepercayaan orang tua dan mengontrol kebebasan yang diberikan agar tidak terjerumus pada "salah gaul" dan akhirnya mengecewakan orang tua yang kita sayang? berikut tips yang mungkin dapat membantu.

  1. ingatlah selalu akan tujuan utama kita jauh dari keluarga, pusatkan tujuan dan cobalah untuk tetap fokus pada tujuan itu.
  2. berhati-hatilah dalam memilih teman, dan berusaha untuk tidak terbawa oleh arus pergaulan yang terlalu bebas dan yang sesungguhnya bukan jati diri kamu,
  3. terkadang jauh dari keluarga membuat kita enggan dan malas untuk menjalin komunikasi dengan keluarga, (kalo ga ditelpon ya ga bakal nelpon dluan). hal ini yang seharusnya dihindarkan. berusahalah untuk tetap menjalin komunikasi sesering mungkin dengan keluarga, karena kedekatan dan keakraban antar keluarga bukan hanya bisa dijalin dengan jarak yang dekat, malah kalau sering terlupakan akan membuat kita menjadi semakin jauh dengan keluarga dan nantinya akan memperbesar potensi kita untuk melakukan hal-hal yg buruk dalam pergaulan.
  4. isi waktu luang dengan hal-hal yang berguna, misalnya dengan olahraga, les bahasa asing, membaca buku, hang-out dengan teman-teman, agar kamu tidak merasa jenuh dan akhirnya mencari alternatif lain yang kamu kira dapat menghilangkan rasa jenuh, padahal malah akan merusak pribadi kamu sendiri.
  5. dan yang paling penting, tetap jaga hubungan dengan yang Maha Kuasa, yaitu dengan tetap rajin beribadah dan berdoa serta tawakal kepadanya. dengan mengingat-Nya, insya Allah kita akan senantiasa dilindungi dari hal-hal jelek seberapapun jauhnya kita dari keluarga yang dapat menjaga kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa anda terkadang susah untuk menulis?